5 Resep Minuman Segar Buka Puasa yang Mudah Anda Temui di Jalan

minuman buah segar
Ilustrasi gambar minuman buah segar (Photo by Susanne Jutzeler from Pexels)

Hitput.comMinuman segar dan manis untuk buka puasa tentu menjadi menu takjil yang nikmat jika disajikan pada saat berbuka. Itulah mengapa saat bulan ramadhan tiba, jalanan akan dipenuhi oleh banyaknya pedagang takjil menjelang berbuka puasa. Namun anda tak perlu lama mengantri untuk mendapatkan minuman yang menyegarkan tersebut, karena anda bisa membuat resep minuman saat bulan puasa ini di rumah.

Berbuka dengan manis menjadi hal yang terpenting bagi kebanyakan orang. Hal ini membuat menu-menu takjil dapat dengan mudah anda temui. Tak sedikit yang mencoba peruntungan dengan berbisnis minuman-minuman ini ketika bulan puasa tiba. Selain menyegarkan tenggorokan, minuman manis dapat meningkatkan stamina sehingga tubuh tidak terasa lelah.

Apa saja aneka minuman yang menjadi favorit saat bulan puasa? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Melon Bingsu, Salah Satu Menu Pilihan Untuk Buka Puasa

1. Es cendol

minuman es cendol
Es cendol segar untuk buka puasa (Image: jakpost.net)

Bahan utama es cendol adalah dawet yang dibuat menggunakan tepung beras dan hunkwe lalu diberi pewarna makanan sesuai selera. Es cendol menjadi kegemaran masyarakat umum karena tekstur dawet yang kenyal bersama kuah gula merah cair. Minuman ini kerap kali kita jumpai di seluruh daerah menjelang berbuka puasa.

2. Sop buah

resep sop buah
Ilustrasi sop buah (Image:Kulinerilmci)

Siapa yang tidak mengenal minuman praktis dan menyegarkan satu ini? Cukup dengan mencampurkan setidaknya 4 jenis buah yang berbeda lalu mencampurkannya dengan susu kental manis akan menghadirkan rasa yang menyegarkan di tenggorokan.

Terlebih minuman ini disuguhkan dengan tambahan es serut yang membuat siapapun tak tahan untuk mencicipinya.

Baca juga: Video Singkat Cara Membuat Jelly Semangka, Segaarr..

3. Es kacang hijau

Kacang hijau tak hanya dijadikan sebagai makanan olahan yang biasa kita jumpai di minimarket saja. Kebaikan kacang hijau dapat juga kita nikmati dalam bentuk minuman dingin yang bisa anda nikmati ketika berbuka puasa.

Minuman ini dibuat dengan kacang hijau rebus yang disiram dengan air rebusan daun pandan dan susu kental manis. Anda dapat menikmatinya dengan campuran es ataupun dalam kondisi hangat.

4. Es biji selasih

Gurihnya biji selasih berpadu dengan nata de coco yang kenyal serta buah-buahan segar sangat menyegarkan untuk dinikmati. Tak lupa dengan kuah manis dengan sensasi dingin yang akan memanjakan lidah anda. Es biji selasih biasa ditemukan sebagai takjil berbuka puasa.

Minuman ini menjadi favorit kebanyakan orang yang biasa ditemui disepanjang jalan perkotaan.

Baca juga: 6 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Puasa pun Akan Fit Seharian

5. Es pisang ijo

es pisang ijo
Es pisang ijo segar dan nikmat untuk berbuka puasa (Image: sampastory.blogspot.com)

Minuman ini memiliki tampilan yang menarik yang terdiri dari pisang, bubur sumsum, kuah manis serta es serut yang semakin membuat menu ini menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Es pisang ijo cocok untuk menghilangkan rasa haus setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Demikanlah 5 resep minuman yang sering dibuat saat bulan puasa yang mudah anda temui di sepanjang jalan perkotaan. Resep minuman-minuman berbuka diatas pun terbilang mudah sehingga banyak masyarakat membuatnya sendiri di rumah. Mungkin informasi mengenai resep kurang begitu detail. Untuk lebih detail, kalian dapat mencari resep tiap-tiap makanan di atas dengan informasi, komposisi, langkah demi langkah memasak lebih lengkap di mesin pencari paling populer di seluruh dunia.

Baca juga: Cara Membuat Waffle Sederhana dan Crispy, Pas Buat Temen Nongkrong!

Berbuka puasa rasanya memang kurang lengkap jika tidak dinikmati bersama dengan minuman-minuman yang menyegarkan. Terlebih jika menikmatinya bersama dengan keluarga tentu akan menambah kenikmatan menjalankan ibadah yang dijalankan dalam 1 bulan penuh ini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda serta memberi referensi baru dalam memilih menu takjil menjelang berbuka puasa. Namun ingatlah untuk tidak membeli terlalu banyak menu dalam berbuka. Tak perlu menyiapkan banyak makanan jika pada saat berbuka anda tak dapat menghabiskan semuanya bukan?

Oleh karena itu pilih dan pilahlah menu makanan tersebut. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Leave a Reply