Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih Selama WFH

daun sirih
Ilustrasi gambar daun sirih, bahan alami untuk membuat hand sanitizer. Foto: Tirto.id

Hitput.com – Coronavirus Disease atau disingkat dengan sebutan COVID-19 saat ini menjadi wabah yang sangat meresahkan, bahkan badan kesehatan dunia yakni WHO telah menetapkan virus corona sebagai pandemic. Artinya virus ini bisa menyebar ke seluruh wilayah tanpa terkecuali, saat inipun kurang lebih sudah ditemukan di 180 negara di dunia termasuk Indonesia.

Masalah utama dari virus ini adalah sifatnya yang menular antar manusia, diketahui cairan atau droplet dari orang yang positif corona misalnya saat ia bersin bisa menjadi sumber penularan. Sementara untuk obat atau penawarnya masih belum ditemukan, imunitas tubuh yang kuat menjadi harapan bagi orang yang sudah positif virus untuh bisa pulih kembali.

Bagi mereka yang masih negatif pun dihimbau untuk menjaga pola hidup sehat sehingga imun tubuh tetap terjaga. Salah satu cara dalam menangkal virus corona yaitu harus rajin mencuci tangan dengan sabun cair atau hand sanitizer, sejauh ini diketahui bahwa deterjen atau antiseptik membunuh virus jika menempel di tangan atau pun benda-benda mati.

Namun, dengan kondisi yang semakin parah sekarang-sekarang ini, alat-alat kesehatan seperti masker, antiseptik, atau hand sanitizer semakin susah didapatkan. Stok yang terbatas membuat harga dipasaran pun melambung jauh, sangat disayangkan memang jika melihat bisnis mengalahkan panggilan kemanusiaan, tapi mau bagaimana lagi? Semua orang mempunyai pandangan masing-masing dalam menjalani hidup ini.

(Baca juga: Mengenal Kina, Tanaman Herbal Dengan Segudang Manfaatnya!)
cara membuat hand sanitizer
Ilustrasi gambar hand sanitizer untuk menjaga kebersihan. Foto: Pexels.com

Tapi kamu tidak perlu khawatir, pada dasarnya sanitizer ini bisa juga dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Kamu bisa membuat sanitizer dari daun sirih dan tidak perlu menambahkan alkohol kedalamnya. Sudah ada beberapa penelitian yang dilakukan mengenai ini, dan hasilnya memang efektif sebagai alternatif hand sanitizer berbahan etanol yang beradar dipasaran.

Seperti apa sih proses pembuatannya? Terus bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan? Tenang, cara membuatnya cukup sederhana dan bahannya juga mudah untuk didapatkan. Berikut langkah demi langkah membuat sanitizer dari daun sirih, simak baik-baik ya!

Bahan-bahan yang harus kamu sediakan:

  • Daun sirih 50 gram
  • Jeruk nipis
  • Air sebanyak 200 ml

Cara pembuatannya:

  • Langkah pertama silahkan cuci terlebih dahulu daun sirih yang sudah disiapkan, kemudian potong kecil-kecil dan sisihkan dahulu.
  • Selanjutnya rebus air 200 ml sampai mendidih, setelah mendidih silahkan kamu masukkan potongan daun sirih.
  • Steam dengan cara menyalakan api kecil dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Jika sudah, langkah selanjutnya saring rebusan air dan daun sirih tadi untuk mendapatkan ekstra air daun sirih. (sebelum kamu menyaring biarkan air rebusan dingin terlebih dahulu agar warna air lebih bening).
  • Setelah itu masukkan jeruk nipis kedalam ekstrak daun sirih tadi, aduk-aduk sampai tercampur rata.
  • Proses membuat hand sanitizer dari daun sirih pun sudah selesai! Bagaimana? Mudah bukan? Bahannya juga cukup gampang didapat.
hand sanitizer
Ilustrasi gambar hand sanitizer dari bahan alami daun sirih dan jeruk nipis. Foto: Pexels.com

Nah, bagi kamu yang bingung bisa melihat video praktik pembuatannya dari Dr. Retno Sari, kamu bisa mengakses videonya di channel youtube Universitas Airlangga. Judul videonya “Susah mencari bahan Handsanitizer? Coba buat dengan daun sirih”.

Beliau sendiri mengatakan bahwa kandungan daun sirih ini ampuh untuk mengurangi bakteri yang menempel di tangan, ya meskipun aroma daun sirihnya kuat banget ngga apa-apa lah ya, asalkan kita bisa menerapkan pola hidup sehat dan mencegah penyebaran bakteri atau virus.

Ya, itulah pembahasan singkat mengenai cara membuat hand sanitizer dari daun sirih. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang kebingungan mencari hand sanitizer yang semakin langka dan mahal. Silahkan langsung dicoba ya, dan keep healthy untuk #KerjaDirumah.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here