Varias Opor Ayam. Image: happyfresh.id
Varias Opor Ayam. Image: happyfresh.id

Hitput.com – Hari Raya Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, kebiasaan mudik dan bersilaturahmi membuatnya terasa semakin semarak. Apalagi dengan menu khas yang selalu tersedia di meja makan, salah satunya opor ayam. Ternyata, ada beberapa variasi resep yang bisa dicoba sendiri di rumah, seperti berikut ini.

Opor Ayam Putih
Resep Opor Ayam Putih. Image: resepkoki.id
Resep Opor Ayam Putih. Image: resepkoki.id

Kuah yang berwarna putih dan cukup kental ini didapat berkat perpaduan rempah-rempah dan santan, tanpa penambahan kunyit. Pertama, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, kemiri, bawang putih, jahe, ketumbar, dan jintan.

Tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, dan serai sampai harum lalu masukkan potongan ayam. Aduk hingga berubah warna lalu bumbui dengan garam, gula, merica, lalu tuang santan sedikit demi sedikit dan masak hingga ayam empuk dan kuah mengental. Sajikan hangat dengan irisan lontong atau ketupat dan taburan bawang goreng.

Opor Ayam Tanpa Santan
Varias Opor Ayam. Image: happyfresh.id
Varias Opor Ayam. Image: happyfresh.id

Siapa bilang opor ayam harus menggunakan santan sebagai bahan utama? Untuk orang-orang yang menghindari santan untuk alasan kesehatan, sajian ini tetap terasa lezat dengan kombinasi rempah-rempah yang ada di dalamnya.

Untuk bumbu halus tidak ada perbedaan, hanya jumlah kemiri diperbanyak untuk memberikan warna kuah yang keruh. Proses pembuatannya pun nyaris sama, hanya perlu mengganti santan dengan kaldu ayam yang dimasak hingga cukup mengental.

Baca juga: 
Sop Iga Bakar Yang Menggugah Selera di Adamar Asian Bistro, Wajib Kamu Coba!
Variasi Nastar untuk Sambut Indahnya Lebaran
Opor Ayam Pedas
Opor Ayam Pedas. Image: cookpad.com
Opor Ayam Pedas. Image:cookpad.com

Buat pecinta masakan pedas, variasi opor ayam yang satu ini bisa jadi pilihan. Kamu bisa menambahkan irisan cabai dalam kuah opor atau menghaluskan cabai bersama bumbu-bumbu lainnya. Cara dan bahan pembuatannya nyaris sama hanya saja hasil akhirnya memberikan warna kuah kuning kemerahan, yang mirip dengan kari ayam.

 

Opor Ayam Kuning
Resep Opor Ayam Kuning. Image: resepkoki.id
Resep Opor Ayam Kuning. Image: resepkoki.id

Ini dia variasi opor ayam yang lazim hadir di hari Lebaran. Warna kuning yang menyala ini didapat dari penambahan kunyit yang dibakar dan dihaluskan bersama bumbu-bumbu lainnya.

Tumis hingga harum bersama daun jeruk, daun salam, dan serai lalu tambahkan potongan ayam dan masak hingga berubah warna. Tambahkan bumbu penyedap lainnya seperti garam, gula, dan merica, lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit. Masak hingga ayam empuk dan kuahnya mengental lalu sajikan selagi hangat.

Selain menggunakan ayam, bisa juga menambahkan telur, tahu, atau kentang untuk membuat citarasanya semakin kaya.

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here