Cara Ampuh dan Aman Hilangkan Keriput Dengan Retinol, Disimak Ya!

Ilustrasi gambar bahan makanan yang mengandung Retinol dari Vitamin A
Ilustrasi gambar bahan makanan yang mengandung Retinol dari Vitamin A (Image: paulaschoice.de)

Hitput.com РTidak perlu khawatir, cara ampuh dan aman hilangkan keriput dengan retinol sekarang bisa kamu coba dirumah. Retinol adalah salah satu bahan dalam perawatan kulit yang telah banyak diteliti. Retinol ini pun telah menarik banyak perhatian di dunia perawatan kulit. Dan memang benar, penelitian  menunjukkan, bahwa kulit dapat mengambil manfaat secara signifikan dari penggunaan retinol.

APA ITU RETINOL?

Retinol adalah zat “turunan” dari Vitamin A, yang merupakan bahan paling aktif yang dapat menyerap ke dalam kulit, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan menunda penuaan.

Retinol juga merupakan antioksidan. Ini berarti retinol dapat mencegah efek negatif dari radikal bebas, yang dapat membuat kulit terlihat lebih tua dari yang sebenarnya. Retinol juga bekerja melawan keriput dan merangsang produksi kolagen.

Baca juga: Ini Dia 5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Wajah yang Perlu Kamu Ketahui!

Retinol juga efektif untuk kulit sensitif, terhadap jerawat, flek atau noda hitam, juga terhadap eksim. Retinol dapat mengurangi perubahan warna kulit, selain itu juga dapat menghaluskan kerutan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

RETINOL DAN RETINOID: APA BEDANYA?

Retinol (molekul vitamin A lengkap) dapat dipecah menjadi beberapa bagian efektif yang dikenal sebagai retinoid. Meskipun istilah retinol dan retinoid sering digunakan secara bergantian, masing-masing zat memiliki karakteristik dan cara penggunaan sendiri-sendiri. Retinoid hanya tersedia dengan resep dari dokter.

Untuk memperjelas:

Retinol adalah bahan kosmetik yang dapat digunakan oleh setiap produsen kosmetik dalam produknya. Anda tidak perlu resep untuk ini. Bentuk vitamin A efektif lain yang ditemukan dalam produk kosmetik adalah retinol asetat, retinyl palmitate dan retinaldehyde.

Retinol sangat efektif, karena bahan tersebut dipecah dan dikonversi menjadi asam retinoat karena diserap oleh kulit. Asam retinoat adalah bahan aktif yang dapat mempengaruhi perilaku sel-sel kulit.

Varian kosmetik dan varian resep vitamin A dapat menyebabkan iritasi kulit. Namun, risiko iritasi kulit lebih besar dengan penggunaan retinoid resep.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Bintik Merah Sekitar Wajah Kamu

Iritasi kulit yang disebabkan oleh retinol dapat dihilangkan dengan produk perawatan kulit yang mengandung zat-zat penenang dan antioksidan serta tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memperburuk iritasi kulit.

Semua bentuk retinol bekerja dengan cara yang serupa, tetapi tidak sepenuhnya identik. Kulit Anda bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar dari penggunaan retinol, hal inilah yang menyebabkan zat aktif ini sangat populer di dunia perawatan kulit.

APAKAH RETINOL BAHAN TERBAIK UNTUK MENANGKAL PENUAAN KULIT?

Meskipun banyak manfaat yang ditawarkan oleh Retinol, penting untuk mengetahui bahwa tidak ada bahan tunggal sendiri – termasuk retinol – yang dapat memenuhi semua kebutuhan kulit. Karena itu, selain retinol, kulit membutuhkan produk berikut:

Pembersih wajah ringan

Produk dengan alpha hydroxy acid atau asam beta-hidroksi. Sebuah serum dan / atau krim malam dengan antioksidan, bahan pengaktif sel lain dan zat kulit-identik.

APAKAH RETINOL JUGA BEKERJA PADA PORI-PORI YANG MEMBESAR?

Penggunaan retinol secara tepat dapat meningkatkan fungsi pori-pori. Retinol tidak dapat mengubah ukuran genetik pori-pori anda, tetapi dapat memperbaiki struktur pori-pori yang membesar yang disebabkan oleh penyumbatan atau kerusakan akibat sinar matahari.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum membeli (dan menggunakan) produk yang mengandung retinol:

Belilah produk Retinol dalam kemasan yang gelap/buram, hal ini bertujuan untuk mencegah produk tersebut terkena udara atau sinar matahari (jadi hindari produk yang terbuat dari stoples). Karena kualitas dan efektivitas Vitamin A dapat terganggu ketika terkena cahaya atau udara secara langsung.

Baca juga: Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan, Terutama Untuk Kulit Agar Lebih Cerah

Cari vitamin A dalam bentuk retinol, retinol asetat, retinyl palmitate atau retinyl aldehyde (juga dikenal sebagai retinal atau retinaldehyde). Retinoid hanya tersedia dengan resep dokter.

Tidak semua jenis kulit dapat mentoleransi retinol dengan baik. Bahan aktif dapat menyebabkan iritasi kulit, seperti kulit kemerahan atau terkelupas, terutama ketika digunakan untuk pertama kalinya.

Semoga tips cara menghilangkan keriput dengan retinol bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin tampil lebih fresh. Selamat mencoba!

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply