Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

tips memutihkan gigi secara alami
Tips memutihkan gigi secara alami. image: pexels.com

Tips memutihkan gigi secara alami – Warna gigi yang putih tentu saja menjadi dambaan setiap orang, karena secara tidak langsung gigi putih mencerminkan gigi yang bersih dan sehat. Hal tersebut juga akan memberi kesan bahwa seseorang sangat peduli dengan kesehatan giginya.

Selain itu, gigi putih juga akan membuat kamu merasa percaya diri saat tersenyum atau tertawa. Kalo giginya kuning pasti minder mau senyum lebar-lebar. Jadi selain baik untuk kesehatan, merawat gigi agar tetap putih penting sebagai penunjang penampilan juga.

Nah, saat ini sudah banyak beredar produk-produk yang bisa kamu gunakan untuk membantu memutihkan gigi. Produk seperti pasta gigi, gel, larutan untuk berkumur, dan sebagainya.

Selain menggunakan produk ada tips lain yaitu menggunakan cara alami untuk memutihkan gigi. Cara ini tentunya lebih praktis dan bisa memberikan efek domino juga (maksudnya baik untuk kesehatan anggota tubuh lainnya). Untuk lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Buah yang Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh Kita

Rutin Mengkonsumsi Sayur dan Buah

 

Ini salah satu yang saya katakan bisa memberikan efek domino, karena buah dan sayur banyak sekali manfaatnya dan bukan hanya untuk memutihkan gigi saja.

Lantas untuk gigi sendiri apa manfaatnya? Ya kalau menggantikan pasti gigi sih emang ngga bisa ya, akan tetapi buah atau sayur ini bisa membantu menghilangkan plak yang menempel di gigi saat kamu mengunyahnya. Hal tersebut tentu akan membersihkan noda kuning atau plak.

Sayur-sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kemudian kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan gigi. Alasannya karena sayuran tersebut mengandung serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi air liur. Nah, air liur ini bisa membantu menghilangkan zat-zat yang bisa merusak gigi (seperti noda dan plak).

Tapi perlu diperhatikan juga nih, karena tidak semua buah atau sayur baik untuk kesehatan gigi. Buah seperti blackberry dan blueberry justru bisa meninggalkan noda di gigi. Kemudian buah jeruk atau lemon memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, itu bisa merusak enamel pada gigi juga. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh makan buah itu ya, cukup membatasi konsumsinya saja.

Baca Juga: Buah yang Bagus dikonsumsi untuk Diet

Konsumsi Keju dan Susu

Kalau bosan dengan sayur-sayuran kamu bisa menggunakan keju dan susu untuk menggantikannya. Kedua jenis makanan ini juga memiliki kandungan serat dan kalsium yang tinggi, jadi bisa meningkatkan peroduksi air liur juga.

Membatasi Konsumsi Minuman Bersoda, Teh, dan Kopi

Ya kalau berbicara soal tips memutihkan gigi secara alami emang ngga jauh-jauh dari apa yang biasa kita konsumsi (makanan dan minuman). Buat kamu yang suka mengkonsumsi minuman bersoda, kopi atau teh sebisa mungkin harus membatasi konsumsinya, ya dalam batas wajar aja. Karena minuman ini bisa meninggalkan noda di gigi.

Jika diibaratkan gigi putih kamu seperti pakaian putih yang rentan terhadap noda. Untuk membersihkan noda di baju putih cukup susah begitu pula noda di gigi. Oleh karenanya saat kamu memakai baju putih pasti sangat protect sekali dengan makanan atau minuman karena khawatir nempel di baju. Harusnya kamu bisa seperti itu juga dalam menjaga gigi tetap putih dan sehat.

Baca Juga: 5 Cara Berhenti Merokok yang Ampuh, Mudah dan Cepat!

Jangan Merokok

Dampak bahaya rokok untuk kesehatan pastinya semua orang sudah tahu, termasuk mereka yang merokok sekalipun. Ya, bahkan di bungkusnya pun sudah tertulis sampai-sampai ada kata “merokok membunuhmu”.

Dampak utamanya mungkin terhadap kesehatan paru-paru ya. Namun terhadap kebersihan gigi pun pengaruhnya besar, tembakau yang ada pada rokok dapat meninggalkan noda pada gigi. Noda dari tembakau rokok termasuk noda yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Oleh karenanya jika menginginkan gigi putih maka jangan merokok, karena akan percuma juga jika kamu menggunakan pasta gigi, konsumsi buah dan sayur tapi di barengi dengan merokok.

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here