Sudahkah Membersihkan Rumah Selama Work From Home?

membersihkan rumah
Ilustrasi gambar membersihkan rumah selama masa work from home agar terhindar dari virus. Foto: Pexels.com

Hitput.com – Penyebaran virus corona di Indonesia semakin meningkat, seruan untuk #dirumahaja atau work from home semakin gencar. Penularan virus yang dapat terjadi antar orang dengan mudah menjadi alasan aktivitas keramaian dihindari. Hal tersebut tentunya bisa memberikan banyak kerugian misalnya bagi mereka yang kerjanya di lapangan, pedagang kaki lima, dan sebagainya.

Mau bagaimana lagi? Sekarang virus sudah menyebar disini, maka kita harus membantu pemerintah dengan cara diam dirumah! Sederhana bukan? Kalau dulu para pahlawan berjuang membawa bambu runcing untuk menyelamatkan negara dari serangan penjajah, sementara saat ini tugas kita hanya diam dirumah, jika tidak ada kepentingan yang benar-benar mendesak tidak usah keluar rumah.

Di sisi lain ada beberapa manfaat kondisi work from home ini, salah satunya kamu mempunyai waktu di rumah lebih lama. Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan rumah selama work from home ini, ya itung-itung sebagai kegiatan olahraga juga, dan dapat menjaga imun tubuh agar tidak mudah sakit, jangan cuma menghabiskan waktu dengan rebahan!.

Nah bagian mana saja sih yang perlu dibersihkan? Disini saya membahas beberapa bagian rumah yang sering kotor padahal sering digunakan. Sebenarnya semua tempat dirumah ya harus bersih, kalau kamu lagi gabut banget karena dirumah terus bisa coba ngepel genting rumah tuh, hahaha becanda ya.

Oke, kita langsung ke pembahasan membersihkan rumah selama work from home. Simak penjelasannya dibawah ini.

(Baca juga: Ini 7 Keuntungan Berbisnis Online di Rumah)

Halaman dan Teras

membersihkan teras rumah
Ilustrasi gambar membersihkan teras rumah. Foto: Pexels.com

Kalau halaman rumah kamu cukup luas dan banyak pepohonan tentu saja akan banyak daun-daun yang berjatuhan dan mengotori halaman. Nah, waktu yang paling pas menyapu halaman ini di pagi hari sembari menikmati udara yang masih sejuk karena belum terkena polusi.

Kemudian bagian depan rumah yang sering digunakan adalah teras, saat ada tamu atau sanak keluarga seringnya ngobrol di teras bukan ruang tamu. Alasannya ingin menikmati angin alami, apalagi kalau halamannya banyak tanaman dan pohon, pastinya suasana semakin mengasyikkan.

Tetapi karena teras ini posisinya diruang terbuka tentunya banyak debu-debu yang terbawa angin, apalagi kalau ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama karena banyak kesibukkan kerja. Maka dari itu kamu bisa bersihkan teras rumah selama work from home ini, supaya tidak terlalu capek kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk ikut bersih-bersih juga.

(Baca juga: Cara Memanfaatkan Loteng Dirumah)

Membersihkan Kamar Tidur

membersihkan kamar tidur
Ilustrasi gambar membersihkan kamar tidur selama WFH. Foto: Pexels.com

Terkadang orang-orang sering mengabaikan kebersihan kamar tidurnya, terutama bagi mereka yang berdiam di rumah dalam waktu singkat. Asalkan bisa untuk tidur ya sudah! Mungkin itu yang ada dipikiran mereka, kalau kamu gimana? Sering mengabaikan atau rutin membersihkan kamar setiap hari?

Nah, bagi kamu yang jarang merapikan kamar tidur maka work from home menjadi waktu yang tepat untuk melakukannya. Mulai dari hal kecil saja misalnya merapikan tempat tidur, kalau menyapu atau mengepel bisa dua hari sekali, mungkin itu tidak akan menjadi masalah.

(Baca juga: Ini 5 Tips Mendekorasi Kamar agar Terasa Nyaman)

Mencuci Pakaian Kotor

mencuci pakaian kotor
Ilustrasi gambar mencuci pakaian selama di rumah. Foto: Pexels.com

Jika sebelumnya kamu mencuci pakaian seminggu sekali saat libur kerja maka sekarang kamu bisa mencuci setiap hari, dengan begitu tidak banyak pakaian kotor menumpuk yang tentunya bisa menjadi sarang kuman atau bakteri.

Mencuci setiap hari atau dua hari sekali membuat kamu tidak terlalu capek juga saat mencuci, bandingkan dengan mencuci seminggu sekali saat pakaian kotor menumpuk! Pasti rasa capeknya lebih terasa, apalagi kamu yang masih mencuci manual pakai mesin ciptaan Tuhan yaitu tangan.

Membersihkan Dapur dan Kamar Mandi

membersihkan dapur
Ilustrasi gambar membersihkan dapur selama kerja di rumah. Foto: Pexels.com

Dua tempat ini biasanya bersebelahan dan paling sering digunakan, setiap orang pasti butuh makan dan butuh ke kamar mandi. Namun tak jarang kebersihannya diabaikan, setelah memakai dapur biasanya banyak bumbu-bumbu dapur misalnya kecap yang mengotori lantai, percikan minyak goreng pun sering mengotori.

Kalau kamar mandi kondisinya yang selalu lembab sehingga banyak lumut-lumut di lantai, jika tidak dibersihkan tentunya ini bisa membuat lantai menjadi licin, hal itu tentunya berbahaya karena kamu bisa terpeleset dan jatuh. Jadi harus rutin membersihkan kamar mandi ya!

Oke, itulah ulasan mengenai kegiatan membersihkan rumah selama work from home. Memang bosen juga kalau lama-lama didalam rumah, tetapi saat ini kondisi terbaik seperti menuntut seperti itu. Mari kita berdo’a saja semoga masalah ini cepat berlalu sehingga keadaan bisa kembali normal.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here